Interview dr. Tya

Tampil cantik dan menawan adalah dambaan semua orang. Untuk mendapatkannya, tidak sedikit yang menjajal produk kecantikan yang katanya menjanjikan tanpa pengawasan dokter atau tenaga medis. Padahal tiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda satu sama lain, dan tidak semua produk kecantikan menjawab kebutuhan itu.

Menurut dr. Tya Adityaningrum, dokter sekaligus konsultan kecantikan di Maria Elizabeth, pandangan demikian jelas perlu diluruskan. Alasan mengapa perawatan perlu dilakukan, mengapa perawatan itu baiknya dipantau oleh tenaga ahli, hingga akibatnya bila keduanya diabaikan, semua dirangkum dalam obrolan berikut.

dr. Tya Adityaningrum

Aesthetic Specialist

dr. Tya telah berpengalaman dalam aestetis klinis…

Mengapa perawatan tubuh dan wajah itu penting, dan mengapa harus dipantau oleh dokter?

Penting, karena masalah lifestyle, masalah kepercayaan diri. Orang sekarang konsennya ke arah itu, mereka mengejar yang namanya cantik. Bukan hanya perempuan, tapi laki-laki juga. Untuk orang yang bekerja, dengan bentuk wajah dan bentuk tubuh yang bagus, secara otomatis meningkatkan kepercayaan diri untuk memperlancar relasi bisnisnya. Kalau untuk rumah tangga, mereka juga pastinya berharap agar rumah tangganya jadi lebih lancar.

Mengapa perawatan harus dipantau oleh dokter?

Karena banyak produk kecantikan yang dijual di pasaran tidak aman. Jangan sampai pasien-pasien yang datang ke ME mendapatkan atau mengonsumsi obat-obat yang tidak aman. Jadi kita memastikan bahwa semua pasien yang datang ke ME mendapat treatment yang sangat aman. Dan tidak ada efek samping untuk tubuh. Sekalipun itu adalah treatment yang di-injeksikan. Kalaupun ada efek samping, setidaknya dengan dipantau oleh dokter, efek tersebut dapat diminimalisir dan terkendali. Security. Safe.

Banyak orang lebih memilih melakukan perawatan di salon atau beauty clinic lain yang tidak terpantau oleh tenaga medis karena biaya yang lebih murah. Apa yang membuat ME lebih baik dari salon-salon ini?

Perbedaannya banyak. Salah satunya faktor higienitas. Di ME, faktor itu sangat terjaga, terjamin, sterilisasinya bagus. Saat ini masalah penyebaran penyakit menular seksual salah satunya lewat darah. Kita maunya keluar dari ME, bukannya tambah sakit, tapi jadi healthy dan cantik. Mau panjang umur kan? Panjang umur dan sehat. Jangan sampai dia cantik, tapi nggak panjang umur. Kalau facial di salon yang tidak dipantau dokter, yakin nggak obatnya yang dipakai apa? Higienitasnya bagaimana? Sterilitasnya gimana? Yakin nggak kalau jarum yang sudah dipakai tidak akan dipakai lagi untuk orang lain?

Apa ada efek samping apabila pasien menghentikan perawatan di tengah jalan?

Di ME nggak akan ada efek samping itu. Cuma kalau belum waktunya perawatan itu selesai dan pasien ini sudah nggak melanjutkan, otomatis target yang dicapai tidak maksimal.

Cara menyadarkan orang-orang yang nggak menyadari pentingnya perawatan?

Sebagian besar akan sadar apabila diingatkan oleh lingkungan sekitar. Bila sudah ditegur oleh teman kalau mukanya tambah kusam. Nggak semua orang sadar akan masalah kecantikan. Karena masalah lifestyle. Tapi begitu golden age sudah lewat (memasuki middle age) dan kerutan mulai muncul, barulah itu sadar, dan melakukan perawatan. Kalau untuk teenage, biasanya datang karena ada masalah pada kulit. Juga kulitnya kusam.